Keuangan Berkelanjutan di Indonesia: Harapan dan Tantangannya

TuK INDONESIA, sesuai nama yang kami pilih, bertekad untuk membantu mewujudkan keadilan di Indonesia melalui pendekatan transformatif. Kami melihat kenyataan di lapangan dan menemukan bahwa berbagai ketimpangan memang memiliki penyebab yang beragam, namun hampir pasti melibatkan persoalan struktural.

Salah satu persoalan struktural paling penting yang kami amati datang dari bagaimana alokasi capital dilakukan oleh pasar. Selama ini, capital memang terutama mengalir deras kepada korporasi, dengan konsekuensi yang bisa kita lihat bersama. Betul bahwa ukuran-ukuran klasik dalam ekonomi menunjukkan pertumbuhan, namun korban social dan lingkungannya tak bisa dimungkiri. Kalau ini terus terjadi, pertumbuhan ekonomi yang dimiliki Indonesia kemudian akan menyurut dan kelak akhirnya tak bisa lagi dipertahankan.

Kondisi itu sudah lama dikhawatirkan di seluruh dunia. Kita tentu membutuhkan pertumbuhan ekonomi, namun bukan pertumbuhan yang mengorbankan kualitas social dan lingkungan yang akhirnya menjerumuskan Indonesia. Kita tentu membutuhkan pertumbuhan ekonomi, namun terutama diarahkan kepada masyarakat kebanyakan yang memang masih membutuhkannya, sehingga kelak bisa mengangkat Indonesia. Kita membutuhkan pertumbuhan ekonomi yang sekaligus memperbaiki kondisi lingkungan, sehingga bisa menyehatkan Indonesia masa depan.

Selengkapnya https://drive.google.com/open?id=0B-NrsmIaftChaDdUbGR3eno2ZFU

This post is also available in: English

0 balasan

Tinggalkan balasan

Ingin berdiskusi?
Silahkan berkontribusi

Tinggalkan balasan

Email anda tidak akan dipublikasikan Required fields are marked *